Skema Power Amplifier 5000 Watt & Tip 3055

Bagikan Jika Bermanfaat!

Apakah Anda sedang mencari skema power amplifier 5000watt? Jika iya, maka artikel ini bisa menjadi jawaban yang tepat. Power ini juga kerap disebut dengan super power sound system karena memang menghasilkan daya yang sangat besar. Untuk acara seperti pernikahan saja 2000 watt sudah cukup, jadi bisa dibayangkan bagaimana dengan daya tersebut.

Skema Power Amplifier 5000watt

Baca Juga : Skema Power Amplifier 2000 Watt

Skema Power Amplifier 5000Watt

Pertama-tama, silakan lihat skema seperti pada contoh. Perlu diketahui bahwa rangkaian ini memiliki output daya yang sangat besar. Akan tetapi, power supply yang digunakan dapat memakai transformator biasa. Untuk output daya adalah 2500 watt setiap channel. Jadi, secara keseluruhan rangkaian stereo maka akan menghasilkan 5000 watt RMS.

Skema Power Amplifier 5000Watt

Sebenarnya prinsip kerja rangkaian 5000 watt hampir sama dengan rangkaian yang lebih kecil seperti 2000 watt misalnya. Akan tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati apabila ada aliran power supply yang masuk ke dalam rangkaian. Karena tegangan cukup besar, maka ada kemungkinan Anda bisa tersetrum ketika tersentuh.

Untuk merakitnya, sangat disarankan untuk memakai box dari bahan aluminium. Selain bahan tersebut, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti plat besi. Kedua bahan tersebut sangat baik karena akan membantu proses grounding supaya bekerja secara baik. Dengan demikian, risiko seperti munculnya dengungan bisa diantisipasi.

Jadi, silakan perhatikan skema tersebut dengan saksama. Apabila merasa kesulitan atau ragu dalam merangkai, jangan terlalu memaksakan karena risikonya juga besar ketika terjadi kesalahan. Bisa dibilang rangkaian ini hanya untuk orang yang benar-benar sudah berpengalaman saja. Lebih baik serahkan ke ahlinya terlebih jika Anda tidak ingin berakhir pada kegagalan.

Artikel Terkait :

Cara Merangkai Skema Power Amplifier Tip 3055

Di bagian ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk merangkai power amplifier tip 3055 dan contoh skema sebagai referensi. Jenis output yang digunakan adalah kapasitor less atau OCL. Perlu diketahui bahwa rangkaian OCL cenderung lebih mudah untuk dirakit karena cukup sederhana. Anda cukup membuat jalur PCB kemudian mulai memasang komponen-komponennya.

Jadi, rangkaian OCL sangat cocok untuk keperluan DIY audio bagi pemula yang ingin belajar merakit amplifier sederhana. Meski begitu, daya yang dihasilkan juga cukup besar.

Cara Merangkai Skema Power Amplifier Tip 3055

Apabila dilihat pada contoh skema, tidak ada settingan khusus dalam perakitan layaknya menggunakan IC. Untuk transistor output, Anda bisa menggunakan Tip2955 – Tip3055. Dengan transistor tersebut, maka rangkaian akan menghasilkan sekitar 75 watt yang notabene sudah sangat baik untuk power subwoofer ataupun hi-fi amplifier.

Semua proses perakitan sangat mudah dikerjakan. Gunakan PCB layout berukuran 8 x 6 cm lalu pasang jumper. Sebagai gambaran, berikut adalah urutan komponen yang perlu dipasang untuk merakitnya.

  • Jumper
  • Resistor
  • Dioda
  • Kapasitor
  • Transistor
  • Pendingin aluminium
  • Kabel penghubung

Agar bisa mendapatkan output audio yang benar-benar berkualitas dan jernih, maka Anda perlu memperhatikan betul mengenai bagian grounding. Hal ini akan berpengaruh apakah bass dan treble sound nyaman untuk didengarkan.

Perhatikan di bagian layout PCB bahwa hanya terdapat satu buah baut saja yang dibuat ground ke box ampli. Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari looping ground dan bisa menyebabkan dengungan.

Untuk ground menuju terminal speaker, Anda dapat mengambil dari main ground dan membentuk star ground. Oleh sebab itu, agar suara stereo yang dihasilkan seimbang antara kiri dan kanan, maka lebih baik mengambil dari jalur PCB main ground, bukan terminal speaker.

Ketahui :

Semoga penjelasan tentang skema power amplifier 5000watt ini bisa membantu. Apabila masih kurang jelas, Anda bisa mencari sumber referensi lain dari internet maupun buku tentang perakitan elektronik.

Leave a Comment