Skema & Fungsi Gacun 3 Kabel Pada TV LED Sharp

Bagikan Jika Bermanfaat!

Seperti apa pembahasan umum dari skema gacun 3 kabel memang dibutuhkan oleh banyak pembaca yang biasanya gemar melakukan service di rumah seorang diri. Biasanya dalam hal ini adalah pemasangan perangkat ini pada televisi yang mana gacun adalah menjadi penggerak utamanya.

Skema Gacun 3 Kabel
Skema Gacun 3 Kabel

Gacun sendiri pada dasarnya merupakan sebuah rakitan yang bentuknya sebenarnya sangat kecil untuk sebuah otak penggerak dari perangkat elektronik. Beberapa penjelasan terkait dengan gacun ini berikutnya akan dijelaskan pada beberapa uraian berikut ini.

Baca Juga : Skema Regulator TV LG Slim STR W6554

Mengenal Seperti Apa Skema Gacun 3 Kabel

Rangkaian gacun yang merupakan berada di atas sebuah papan khusus elektronik ini sebenarnya dapat memiliki banyak sambungan kabel bahkan lebih dari 3. Hanya saja dalam pembahasan kali ini memang difokuskan untuk mengenal gacun khusus dengan sambungan 3 kabel saja di sana.

Seperti Apa Skema Gacun 3 Kabel ?
Seperti Apa Skema Gacun 3 Kabel ?

Meskipun hanya berukuran sangat kecil namun siapa sangka jika kegunaannya sangat banyak pada peralatan elektronik. Itulah mengapa tidak sedikit yang mengatakan jika gacun merupakan regulator dari sebuah televisi atau yang membuat TV menyala dan memberikan tampilan sesuai dengan keinginan.

Fungsi Gacun 3 Kabel

Banyaknya kabel berjumlah 3 buah dimana ketiga warna tersebut merupakan warna merah, biru, dan juga hitam yang sama-sama memberikan manfaatnya. Meski begitu, gacun tetap memiliki tujuan utama sebagai bahan perbaikan dari televisi melalui rangkaian dalam yang dipasang.

Berfungsi sebagai rangkaian kecil yang dapat menjadi pembawa kabar baik televisi dengan yang sebelumnya mati total menjadi mudah dan bisa dinyalakan. Berikut akan dijelaskan juga fungsi kabel berdasarkan warnanya:

  • Kabel warna merah: merupakan kabel utama yang nantinya akan disambungkan pada trafo yang merupakan mesin utama dari sebuah barang elektronik.
  • Kabel warna hitam: kabel ini biasa disebut sebagai kabel ground atau merupakan kabel dengan arus negatif yang mengalir di dalamnya.
  • Kabel warna biru: sebenarnya tidak terlalu ada pengaruhnya jika kabel ini tidak dipasangkan karena kabel biru hanya akan menjalankan kestabilan saja padahal televisi sudah pasti dalam keadaan mati.

Artikel Lainnya :

Cara Pasang Gacun 3 Kabel pada TV LED

Untuk mengetahui cara pasang dari gacun 3 kabel ini sendiri maka pengguna juga sebelumnya harus sudah mengetahui peralatan yang sekiranya harus sudah disediakan agar tidak bingung mencarinya nanti. Seperti diketahui jika gacun merupakan rangkaian listrik dalam yang akan ditaruh dan ditanam di dalam tubuh televisi agar tidak lagi rusak.

Dalam contoh pemasangan kali ini akan memakai salah satu jenis TV LED yaitu dari keluaran Sharp yang merupakan produsen populer televisi di Indonesia:

Cara Pasang Gacun 3 Kabel pada TV Sharp

Cara Pasang Gacun 3 Kabel pada TV Sharp
Cara Pasang Gacun 3 Kabel pada TV Sharp

TV Sharp memang mengeluarkan salah satu jenis andalannya yang bergerak sebagai salah satu jenis smart TV. Karena tergolong sebagai salah satu televisi dengan jumlah peminat yang banyak maka perlu diketahui bagaimana cara pasang gacun di sana.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses service televisi melalui media gestun adalah sebagai berikut:

  • Mengendurkan beberapa sekrup pada setiap sisi dari TV LED ini lalu bongkar semua sekrup yang merekatkan tersebut.
  • Copot dan lepas transistor penggerak sebelumnya.
  • Sambung kabel pada beberapa perangkat seperti trafo dan juga transistor.
  • Pasang kembali rangkaian televisi.
  • Pengguna dapat mencoba untuk kembali menyalakan perangkat tersebut.

Ketahui :

Demikian penjelasan terkait seperti apa skema gacun 3 kabel termasuk dengan bagaimana cara memasangnya sebagai bahan informasi bagi pengguna. Pastikan jika melakukan step by step tersebut dengan sangat teliti agar tidak salah langkah sehingga proses pembenaran dan juga pemasangan pada televisi dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Comment