Jumlah Lilitan Spul Speaker 8 Ohm & Rumus Menggulung Spul Speaker

Thicke.net — Rumus menggulung spul speaker akan menjadi salah satu jenis informasi yang wajib diketahui oleh banyak orang. Sebab, modif spul speaker tergolong bervariasi dan memiliki jumlah lilitan yang berbeda-beda. Sebut saja seperti jumlah lilitan spul speaker 4 ohm, jumlah lilitan spul speaker 8 ohm, dan jumlah lilitan spul speaker 12 inch akan memiliki rumus-rumusnya tersendiri yang wajib kamu ketahui dengan benar. Untuk itu, simak dengan baik artikel ini sampai akhir.

Rumus Menggulung Spul Speaker

Baca Dulu : Skema Regulator Speaker Aktif Polytron XBR

Rumus menggulung spul speaker yang tepat

Untuk memahami rumus ini dengan baik, kami akan membagikan salah satu contoh yang bisa kamu pelajari dengan mudah. Ada sebuah dus cap corong tutup spul fullrange spul speaker 12 inci dengan ukuran yang tanggung. Maka perhitungan ini bisa dibantu dengan menggunakan rumus dasar Excel.

Yang terpenting ketika mempelajari tentang hal ini adalah kamu harus selalu mengingat bahwa T = waktu dalam satuan detik. Nantinya, setelah menggulung spul CDI yang sudah tersedia, kamu bisa langsung menggulungnya dengan aplikasi yang telah direkomendasikan oleh para teknisi. Jadi, kamu tidak perlu menghitung ini dengan susah payah.

Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menggulung spul speaker dengan baik dan benar, dan cara tersebut adalah:

  • Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu, seperti kawat spul, mika koker spul, lem besi cair, alat penggulung spul poros engkol, dan pipa paralon.
  • Kemudian potong koker dengan menggunakan gunting, atau kamu juga bisa memotong aluminium dengan ukuran yang sesuai spul speaker.
  • Pasang koker tersebut pada pipa paralon dan siapkan lem besi cair untuk diaduk serta dioleskan ke permukaan koker tersebut dengan rata.
  • Masukkan pipa paralon pada poros engkol dan berikan kelonggaran pada pipa paralon, agar spul tersebut bisa lebih mudah untuk dilepas ketika sudah jadi.
  • Putar poros engkol dan mulailah tahapan menggulung kawat spul dengan jumlah yang seperti spul asli.
  • Nantinya, banyaknya jumlah gulungan tersebut bisa dilihat pada penunjuk jarum yang ada di poros engkol.
  • Keringkan gulungan spul dan jika spul tersebut sudah benar-benar kering, kamu bisa melepas koker dari pipa paralon.
  • Tutupi ujung gulungan atau ujung kawat dengan menggunakan kertas tipis yang tidak mudah sobek.

Artikel Terkait :

Perbedaan jumlah lilitan spul speaker 4 dan 8 ohm serta 12 inch

Perbedaan jumlah lilitan spul speaker 4 dan 8 ohm serta 12 inch

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa sebenarnya jumlah lilitan spul speaker 4 dan 8 ohm serta 12 inci ini saling berbeda satu sama lain. Pada dasarnya, impedance speaker itu sendiri adalah besarnya nilai resistensi atau nilai dari tahanan speaker yang apabila diukur akan menunjukkan skala ohm meter.

Untuk impedance speaker yang lebih banyak di pasaran sendiri adalah 4 ohm dan 8 ohm. Jadi, tak jarang dari beberapa orang yang bingung untuk memilih salah satu di antaranya. Pada dasarnya, pengaruh nilai impedance ini dapat berdampak besar terhadap arus speaker tersebut. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa kualitas spul speaker 4 ohm, 8 ohm, dan 12 inci tidak bisa digambarkan dengan mudah.

Semua ini akan tergantung pada penggunaan power amplifier-nya, karena kunci dan kualitas kejernihan suara tersebut akan berasal dari power amplifier yang digunakan. Yang pasti, beban watt impedance speaker 4 ohm tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan impedance speaker 8 ohm. Jadi, jika kamu ingin memakai impedance speaker dengan watt yang besar, kamu juga perlu mempersiapkan power amplifier yang besar. Dengan begitu, kualitas suara yang dihasilkan bisa terdengar lebih maksimal.

Dengan melihat penjelasan yang ada di artikel ini, dapat disimpulkan bahwa impedance speaker 8 ohm akan lebih baik jika dibandingkan dengan impedance speaker 4 ohm. Meski begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan hal lainnya lagi, agar kamu bisa menggunakan speaker tersebut dengan baik. Pahami rumus menggulung spul speaker yang ada di atas, dan terapkan dengan cara dan urutan yang benar. Sekian penjelasan dari kami mengenai teknik menggulung spul speaker.

Leave a Comment