Warna & Skema Jalur Kabel Tape Mobil Fujitsu Ten 86180

Bagikan Jika Bermanfaat!

Mengetahui gambaran skema kabel tape Fujitsu Ten 86180 ataupun merek lainnya sangat penting bagi Anda. Terutama bagi yang ingin melakukan penggantian terhadap head unit tape lama pada mobil.

Skema Kabel Tape Fujitsu Ten 86180

Keberadaan kabel audio, pastinya sangat penting dalam proses mengalirkan sinyal suara dan juga listrik. Biasanya, untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, pada tape dilengkapi juga dengan soket kabel untuk penghubung.

Nah, mengingat pengetahuan tentang kabel tape audio ini cukup penting, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu. Berikut ini adalah beberapa informasi terkait kabel audio pada mobil.

Baca Juga : Jalur Kabel Tape Mobil Grand Max

Manfaat Kabel Audio Tape di Mobil

Pada bagian awal telah disinggung sedikit tentang fungsi dari adanya kabel audio di dalam mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari kabel audio yang wajib untuk Anda ketahui.

  • Untuk menyalakan peralatan terkait audio terutama power amplifier.
  • Menjadi pendukung kinerja dari power antena.
  • Menjadi penyalur aliran listrik pada saat audio tape dinyalakan.
  • Saat kabel ACC rusak atau hilang, audio tetap bisa menyala dengan sumber listrik kunci kontak

Kurang lebih seperti itulah berbagai macam manfaat atau fungi dari adanya kabel audio di dalam mobil. Melihat fungsi tersebut, peranan dari kabel ini termasuk sangat penting terutama terkait dengan audio mobil.

Tentang Kode Warna Pada Tape Mobil

Kode Warna Pada Tape Mobil

 

Dalam aplikasinya, kabel pada tape mobil diberikan berbagai macam kode pewarnaan. Hal ini dilakukan agar dapat memudahkan dalam membaca skema jalur kabel tape mobil saat perakitan.

Selain itu, adanya pewarnaan pada kabel juga dapat membantu untuk menghindari terjadinya kesalahan saat memasang tape. Umumnya, warna kabel tersebut ditulis dalam kode huruf dan angka seperti A1, A2, A3, sampai dengan A8.

A4 melambangkan warna kuning, A5 biru, A6 orange/putih, A7 merah, serta A8 hitam. Selain kode tersebut, kode B1 sampai dengan kode B8 juga digunakan untuk nama warna kabel head unit JVC atau merek lainnya.

Artikel Terkait :

Cara Memasang Tape Audio Mobil

Setelah memahami informasi tentang kabel audio, berikutnya akan dibahas tentang cara untuk pemasangannya. Secara umum, pemasangan kabel tape audio pada mobil bisa dilakukan menggunakan cara seperti berikut ini.

1. Siapkan Alat-Alatnya

Pertama, persiapkanlah peralatan pemasangan mobil. Kehadiran dari alat-alat tersebut sangatlah penting dilakukan agar proses pemasangan tape audio bisa dilakukan dengan benar, lancar, dan tanpa mengalami masalah.

Berikut adalah daftar peralatan yang harus disiapkan:

  • Pry tool
  • Obeng plus/minus
  • Peralatan untuk menyambung kabel
  • Multimeter

2. Pahami Jalur Kelistrikan Tape Mobil

Selanjutnya, pahami juga jalur kelistrikan yang ada pada audio mobil Anda. Paling tidak, terdapat tiga macam sumber kelistrikan audio yang wajib untuk Anda ketahui sebelum memasang tape.

Berikut adalah jalur kelistrikan tersebut:

  • Jalur listrik +12V dari aki (kabel tape warna kuning)
  • Jalur listrik +12V ACC dari kunci kontak (kabel tape warna merah)
  • Jalur ground atau negatif (kabel hitam)

3. Mengganti Head Unit

Setelah semuanya siap, Anda bisa untuk melakukan penggantian head unit lama dengan yang baru. Untuk langkah-langkah penggantian head unit, Anda bisa ikuti penjelasan berikut ini.

  • Pertama, lepaskan bagian head unit lama mulai dari frame secara hati-hati.
  • Lakukan pengecekan pada kelistrikan di bagian head unit lama. Hal ini untuk melihat soket audio cocok atau tidak dengan tape yang baru.
  • Lakukan juga pengecekan terhadap sistem kelistrikan head unit yang baru. Apabila terdapat perbedaan warna atau soket pada jalur, Anda bisa memotong sesuai kebutuhan. Jangan lupa tutupi bagian yang dipotong dengan isolasi agar tidak korsleting.
  • Jika sudah, coba hidupkan head unit dan pastikan semuanya telah berfungi dengan baik

Ketahui :

Begitulah saja ulasan tentang pemasangan kabel audio baru di mobil. Petunjuk di atas mungkin tidak seratus persen berlaku sama untuk semua jenis mobil sehingga Anda juga perlu melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Leave a Comment